+6287729710169 Sanggar_lingkunganhidup@yahoo.co.id

Sabtu, 25 April 2015

PROFIL SINGKAT

00.46

Share it Please

Sanggar Lingkungan Hidup adalah sebuah komunitas NGO yang merupakan wadah bagi relawan /penggiat Lingkungan hidup yang fokus pada pembinaan seluruh lapisan masyarakat terutama generasi muda tentang bagaimana mengelola Lingkungan hidup dengan cakap dan bijak, Sanggar Lingkungan Hidup juga membantu dan memfasilitasi pemerintah dalam upaya menyelesaikan masalah – masalah Lingkungan hidup di daerah, tujuan utama didirikanya Sanggar Lingkungan Hidup ini adalah agar generasi muda cakap mengelola Lingkungan Hidup.

VISI/ VISION 
Mendidik dan melatih Generasi Muda Cirebon cakap mengelola Lingkungan Hidup 

TUJUAN / GOALS

  1. Meningkatkan Kesadaran dan partisipasi Generasi Muda Cirebon untuk menjaga Lingkunganya
  2. Menyediakan Fasilitas pembelajaran tentang pengelolaan Lingkungan Hidup bagi seluruh pemuda dan masyarakat   
  3. Memobilisasi Pemuda dan Masyrakat untuk melakukan kegiatan- kegiatan  dalam upaya penyelamatan Lingkungan hidup / Gerakan CIREBON go GREEN
STRATEGI
  1. Mendidik dan melatih siswa sekolah melalui program pembinaan berkelanjutan
  2. Mempromosikan Sanggar Lingkungan Hidup sebagai  Fasilitas pembelajaran  Tata kelola Lingkungan Hidup kepada  masyarakat melalui media cetak dan elektronik, radio dan lain lain
  3. Membuat Event/ Kegiatan Peringatan hari - hari lingkungan hidup untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan pemuda/pelajar dalam upaya penyelamatan Lingkungan Hidup
  4. Mensupport Event / Kegiatan bertema Lingkungan Hidup komunitas lain dan Pemerintah
TUJUAN KHUSUS / OBJECTIVE

  1. Mendidik dan melatih 8O siswa dari 4 sekolah binaan tingkat SMTA di wilayah kabupaten Cirebon melalui program Pembinaan Duta Lingkungan Sekolah selama Tahun 2O15 ( Goals. 1 )
  2. Memberikan pelayanan pelatihan dasar Lingkungan hidup minimal  terhadap 5 Sekolah Sekolah Dasar atau SLTP/ Junior High School @5O siswa/ Sekolah, melalui Program Environment Recreative Training selama tahun 2O15 ( Goals. 1 )
  3. Membangun Sanggar Belajar Lingkungan hidup Cirebon  yang akan dimulai paling lambat awal tahun 2O16, dengan kapasitas 1OO orang / Long Term Plan (Goals. 2 )
  4. Mengembangkan pertanian organic di Area lahan Sanggar sebagai sarana konservasi dan pelatihan untuk 2O Pemuda dari 5 Desa di Cirebon(Goals. 2 )
  5. Membuat minimal 3 Event/ Kegiatan Peringatan Hari-hari Lingkungan Hidup yang diikuti minimal 1OO Siswa/ Pemuda dan Masyarakat umum di Cirebon selama tahun 2O15(Goals. 3 )
  6. Bekerjasama/ mensuport Kegiatan 3 Komunitas, Lembaga atau Instansi  lain di wilayah Cirebon selama tahun 2O15
    (Goals. 2 )
INDIKATOR 


  1. Di akhir tahun 2O15, 8O siswa dari 4 Sekolah SMTA / Senior High School di Cirebon mengerti tentang tata kelola Lingkungan Hidup (Objective 1 )
  2. Selama tahun 2O15 akan ada 4 Sekolah SMTA / Senior High School di Cirebon yang mulai menerapkan pengelolaan sampah di Sekolah.(Objective 1 )
  3. Di akhir tahun 2O15, paling tidak ada 8O rumah tangga ( rumah siswa yang sudah dilatih ) yang mempraktekan pengelolaan sampah rumah tangga.(Objective 1 )
  4. Selama tahun 2O15 ada 25O siswa dari SD/ Elementary School atau SMP/ Junior yang telah mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan Lingkungan hidup. (Objective 2 )
  5. 5 Sekolah Dasar atau SLTP/ Junior di Cirebon mulai menerapkan manajemen pengelolaan sampah  Lingkungan Sekolah selama tahun 2O15(Objective 2 )
  6. Selama tahun 2O15 terjalin minimal 1 atau 2 Corporation / Lembaga yang mau bekerjasama membiayai pembangunan Sanggar Belajar (Objective 3 )
  7. Awal Tahun 2O16 Sanggar mulai terbangun dan Akhir 2O16 Sanggar belajar lingkungan hidup sudah beroperasional(Objective 3 )
  8.  Hasil panen dapat memenuhi kebutuhan hidup relawan Sanggar Lingkungan hidup dan masyarakat sekitar selama tahun 2O15 (Objective 4 )
  9. Adanya pelatihan pengelolaan lingkngan  terhadap 2O pemuda dari 5 Desa(Objective 4 )
  10. Adanya Penggerakan masa untuk mengikuti kegiatan peringatan hari hari lingkungan hidup, misalnya hari pohon, hari bumi dan hari Lingkungan hidup dunia yang minimal diikuti 1OO siswa sekolah di Cirebon
    (Objective 5 )
  11. Melanjutkan kerjsama yang telah terjalin dengan BLHD / Goverment Kab. Cirebon, komunitas Cirebon Berkebun, Bank Sampah Sumber Sehati dan 4 Sekolah binaan juga Komunitas lain di Cirebon dan sekitarnya untuk terus berkegiatan dalam upaya menyelamatkan Lingkungan hidup(Objective 6 )


0 komentar:

Posting Komentar